Rabu, 23 Mei 2012

Lebih Sehat Dengan Mandi Air Dingin


Selain menyegarkan, mandi air dingin juga memiliki manfaat yang baik buat kesehatan. Saat pikiran merasa penat dan tubuh terasa panas akibat teriknya matahari, mandi air dingin bisa menenangkan saraf yang tegang.

Air dingin juga mampu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera setelah berolahraga, dan mengatur kadar asam urat. Itu baru sebagian kecil saja. Dalam jangka panjang, mandi air dingin bisa bermanfaat untuk berbagai hal berikut ini:



Membantu kesuburan pria.
Sperma membutuhkan suhu sekitar yang tidak terlalu panas. Dengan mandi air dingin, membantu sperma untuk lebih lama hidup dan bekerja untuk mempertahankan kesuburan. Lingkungan yang panas bisa disebabkan karena suhu sekitar yang tinggi atau pemakaian celana yang terlalu ketat.

Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
Saat air dingin menyentuh kulit, pembuluh darah di permukaan kulit berkontraksi. Ada dorongan ekstra pada peredaran darah sehingga sirkulasinya menjadi lancar. 

Meningkatkan kekebalan tubuh.
 Mandi air ding akan meningkatkan metabolisme sehingga tubuh menjadi panas. Ini akan berpengaruh pada sistem imun dan pelepasan sel darah putih.

Metabolisme tubuh berlangsung lebih cepat.
 Saat mandi air dingin, biasanya diikuti denga rasa hangat yang berlangsung cepat. Mungkin ketika pertama terguyur air terasa dingin. Setelah itu terimbangi dengan rasa hangat sehingga tubuh menyeduaikan diri dengan suhu air. Inilah pengaruh cepatnya metabolisme saat mandi air dingin.Mandi air dingin juga dapat mengurangi nyeri kronis, nyeri tubuh, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi peradangan kulit, mengatur sistem saraf otonomik, hingga memperdalam pernafasan.




sidomi.com
yodha.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar